Membuat Blog di Blogger

Blog adalah jurnal yang disediakan oleh web. Blog dapat di-Update setiap hari dengan suatu aplikasi yang disediakan oleh penyedia. Tidak dibutuhkan suatu keahlian khusus untuk melakukan update/mengelola blog. Posting dalam blog tersusun secara teratur sesuai kriteria tertentu, biasanya dengan pengaturan urutan tanggal. Aktivitas meng-update sebuah blog dinamakan "blogging". Seseorang yang mengelola blog disebut "blogger". Blog merupakan suatu perjalanan yang berkesinambungan, dengan panduan logika yang berkelanjutan dan konsisten. Topik dan pembahasan didalam sebuah blog biasanya konsisten pada topik utama, misalnya, polotik, sastra, musik, dll.

Secara umum blog memiliki fitur utama, yaitu arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya blogspot.com, wordpress.com, friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, multiply.com, myspace.com, dll. Jika membuat blog dengan blogspot, maka alamat URL blog yang dibuat nantinya adalah http://contoh.blogspot.com. Blog merupakan publikasi secara berkala dan tetap mengenai pemikiran personal seseoarang & juga link web. Pada kesempatan ini kita akan mengenal langkah-langkah dalam membuat blog dengan nama Blogger, namun sebelumnya harus mempunyai alamat email terlebih dahulu.

  1. Buka halaman internet/web browser, kemudian ketikan "www.blogspot.com" pada address bar, sehingga akang muncul tampilan seperti dibawah ini. Klik "SIGN IN" untuk membuat akun blogger.

  2. Setelah muncul halaman Google Blogger, isikan Account Gmail & Password Gmail. Lalu klik Sign In, sehingga akan muncul tampilan dialog seperti dibawah ini.

  3. Setelah berhasil masuk ke halaman awal blogger isi kolom-kolom yang tersedia.
    • Display name : nama pengelola yang dipergunakan.
    • Email notification: centang untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari www.blogspot.com
    • Gender : pilih jenis kelamin anda Pria (Male), Perempuan (Female).
    • Acceptence of Terms : wajib dicentang untuk menandakan bahwa telah menyetujui dengan aturan www.blogspot.com.
    • Setelah data diisi dengan lengkap, kemudian tekan tombol “Continue to Blogger”.
  4. Setelah melanjutkan ke halaman selanjutnya, klik “New Blog” atau “CREATE NEW BLOG”, untuk menuju halaman yang berisi menu-menu yang digunakan untuk membuat, mengubah setting, dan mempersiapkan blog. Klik tombol "Blog Baru" untuk membuat blog pertama.

  5. Kemudian akan ditampilkan halaman pembuatan blog untuk diisi data-data blog yang akan dibuat seperti gambar diatas. Isikan kolom berikut :
    • Judul/Title             : isi kolom dengan judul blog yang akan dibuat.
    • Alamat/Address    : isi kolom dengan alamat blog yang diinginkan. Buat alamat-alamat yang mudah dilafalkan.
    • Template/Theme    : Tema/tampilan pada blog yang akan digunakan sesuai dengan selera, tema ini bersifat sementara/dapat diganti-ganti.
    • Kemudian klik tombol “Create blog”/”Buat Blog”.
  6. Nah sampai disini, blog sudah mulai terbentuk maka akan muncul halaman baru. Pada halaman berikutnya adalah “Basic Setting Blog” seperti gambar dibawah ini, di halaman ini kita akan melakukan setting awal pada blog.

  7. Klik menu “Setelan”/”Settings”. Dalam menu setting terdapat beberapa submenu sebagai berikut:
    • Basic/Menu Setelan Dasar
    • Posts, comments, and sharing/setelan pos dan komentar
    • Email
    • Language & formatting/Bahasa & pemformatan. Pada bagian “formatting” udah zona waktu dan Bahasa yang dipergunakan sesuai dengan lokasi anda.

    • Search preference / Preferensi Penelusuran. Pada text box “Google Search Console” klik pada link edit untuk mendaftarkan ke google. 
      Sehingga nanti akan timbul gambar seperti dibawah ini. Lalu ketikan domain untuk mendaftarkan alamat dlogspot seperti gambar dibawah ini, kemudian klik “Continue” / “Lanjutkan”. 
      Setelah itu akan muncul tanda verifikasi bahwa blog yang dibuat sudah terdaftar dalam mesin telusur/browser seperti dibawah ini. 
      Kemudian klik “DONE” sehingga akan muncul dialog google search console seperti dibawah ini. Namun kita kembali saja ke halaman blogspot.

    • Other / lainnya.

  8. Setelah melakukan setting pada blog kita tinggal memulai aktifitas di blog dengan posting. Tadi kita juga sudah melalui settingan Bahasa pada google sehingga tampilan bahsa pada halaman bolgger sudah berubah.

Komentar