Teknik Presentasi Efektif

    Presentasi adalah penyajian atau penyampaian ide atau gagasan ataupun hasil karya ilmiah seseorang di depan forum atau di depan orang banyak, dalam rangka mengutarakan suatu ide atau gagasan untuk mendapatkan pemahaman atau kesepakatan bersama. Orang yang menyampaikan presentasi disebut presentator/presenter, sedangkan yang mendengarkan presentasi disebut audience. Agar presentasi berjalan secara efektif ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :
    1. Menarik minat dan perhatian peserta.
    2. Mengarahkan perhatian peserta.
    3. Mempertahankan minat dan perhatian peserta
    4. Menjaga kefokusan pada presentasi yang disajikan
    5. Menjaga etika atau kode etik presentasi
  1. TUJUAN PRESENTASI
    1. Menginformasikan.
      Presentasi sebuah informasi disampaikan secara detail dan jelas sehingga pendengar dapat menerima informasi dan baik dan tidak salah persepsi.
    2. Meyakinkan.
      Presentasi yang disusun secara logis akan meyakinkan pendengar atas suatu topik tertentu, begitu juga sebaliknya.
    3. Membujuk.
      Berisi ajakan disertai dengan bukti-bukti sehingga pendengar tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
    4. Menginspirasi.
      Membangkitkan dan memberi motivasi kepada pendengar.
    5. Menghibur.
      Memberikan kesenangan kepada orang atau pendengar melalui informasi yang disampaikan.

  2. TEKNIK PRESENTASI
    1. Memperhatikan pembuatan Slide Presentasi
      1. Pemilihan tema (theme) desain yang sesuai
      2. Penggunaan teks yang sesuai
      3. Pengaturan alur penyampaian
      4. Pemberian multimedia yang mendukung
      5. Penyampaian pesan dalam slide
      6. Penggunaan karakter huruf dan ukuran huruf
    2. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian presentasi
      1. Perisapan diri
        • Sering latihan
        • Jaga penampilan
      2. Persiapan materi dan bahan
        • Menentukan point-point penting
        • Menguasai materi
        • Menyiapkan contoh pendukung
        • Menyusun materi dengan terstruktur
      3. Cara penyampaian
        • Santai, sopan, dan tidak terburu-buru
        • Intonasi dan Bahasa tubuh
        • Interaksi
        • Bahasa yang mudah
        • Selipkan selingan atau humor.

  3. STRUKTUR PRESNETASI
    1. Pembuka
      Untuk menarik perhatian tentang apa yang akan disampaikan, membangun kredibilitas sebagai presenter.
    2. Isi
      Topik yang ingin disampaikan diuraikan dalam beberapa poin utama, kemudian topik tersebut dikembangkan menjadi beberapa subtopic. Perkiraan durasi presentasi juga perlu diperhatikan untuk menyampaikan isi presentasi.
    3. Penutup
      Untuk menimbulkan kesan yang menarik maka berikan kesan dan kesimpulan yang mendalam dan mengena sehingga akan diinga oleh pendengar.

  4. SYARAT-SYARAT PRESENTASI
    1. Menguasai materi dan Bahasa dengan baik
    2. Mempunyai keberanian
    3. Memiliki sikap yang tengan
    4. Menyampaikan gagasan secara lancer dan teratur
    5. Memberikan reaksi yang cepat dan tepat terhadap situasi apapun.

  5. CIRI-CIRI PRESENTASI YANG BAIK DAN BENAR
    1. Penyampaian dengan semangat dan siap mental
    2. Kejelasan berbicara di depan audiens
    3. Disajikan secara sistematis
    4. Memberi argument yang dapat diterima
    5. Slide dapat terbaca dan menarik
    6. Kontak mata dengan audiens
    7. Melakukan gerak ketika berbicara
    8. Penggunaan pakaian yang serasi
    9. Memiliki sesi tanya jawab
    10. Disampaikan tepat waktu

  6. JENIS PRESENTASI
  • Oral. Berbicara secara langsung kepada pendengar 
  • Visual. Menggunakan alat bantu tampilan.
  • Tekstual. Menggunakan teks/selebaran





Komentar