Teknologi Perkantoran

  1. Pengertian Teknologi Perkantoran
      Teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien menggunakan mesin-mesin.
  2. Macam-Macam Mesin Kantor
    1. Dilihat Dari Tenaga Penggeraknya :
      • Mesin manual adalah mesin-mesin yang digerakkan oleh tenaga manusia.
      • Mesin listrik (elektrik) adalah mesin-mesin yang digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik/baterai.
    2. Dilihat dari cara kerja & komponen mesinnya :
      • Mesin mekanik yaitu mesin-mesin yang rangkaian komponennya tampak bergerak dalam operasinya.
      • Mesin elektronik yaitu mesin-mesin dengan rangkaian kompenen elektronik, berupa kabel.
    3. Dilihat dari fungsi dalam berbagai pekerjaan kantor :
      • Mencatat bahan keterangan, meliputi : mesin tulis mesin dikte, mesin penomor, asahan pensil.
      • Menghimpun bahan keterangan, meliputi : pembuka surat, mesin penjilid, hectmachine, pemotong kertas, pencatat uang kas.
      • Mengolah bahan keterangan, meliputi : mesin jumlah, mesin hitung, dan computer.
      • Memperbanyak bahan keterangan, meliputi : mesin stensil, mesin stensil spirtus, mesin fotokopi, mesin perekam sheet, mesin offset, dan berbagai mesin cetak.
      • Mengirimkan bahan keterangan, meliputi : telephone, interphone, teleprinter, dan faximile.
      • Menyimpan keterangan, meliputi : microfilm, penghancur kertas, dan pelubang kertas/kartu.
  3. Pengaruh Positif Teknologi Perkantoran
    1. Manfaat Bagi Ketenagakerjaan :
      • Penigkatan mutu tenaga kerja
      • Meningkatkan kegairahan dan kedisiplinan kerja
      • Meningkatkan penghasilan bagi tenaga kerja
      • Meringankan pikiran dan tenaga pegawai.
    2. Manfaat Bagi Prosedur Kerja :
      • Mempercepat penyelesaian pekerjaan
      • Menyederhanakan prosedur kerja
      • Memperlancar pekerjaan
      • Mempermudah penyelesaian pekerjaan.
    3. Manfaat Bagi Hasil Kerja :
      • Meningkatkan mutu hasil pekerjaan kantor
      • Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan
      • Memenuhi standar mutu tertentu
      • Memperoleh keseragaman bentuk, unkuran, dan jenis hasil pekerjaan kantor.
  4. Pengaruh Negatif Teknologi Perkantoran
    1. Mengurangi penggunaan tenaga kerja sehingga menambah pengangguran.
    2. Kesulitan untuk mencari tenaga kerja yang memiliki tingkat keterampilan tertentu.
    3. Menimbulkan rasa ketergantungan.
    4. Dapat menimbulkan suara gaduh.
    5. Penggunaan mesin tertentu dapat memerlukan saran penunjang lainnya yang memerlukan biaya.

Komentar