JENIS & LAYANAN BISNIS



  1. Tujuan Bisnis
    1.   Secara Umum tujuan bisnis tentunya mendapatkan keuntungan atau laba, namun tujuan yang lain dapat dilihat sebagai berikut:
    2. Memenuhi kebutuhan hidup
    3. Menambah kesejahteraan dan kemakmuran keluarga
    4. Pencitraan usaha
    5. Mempertahankan kelansungan usaha sehingga mampu terus berdiri/berjalan
    6. Menambah kreatifitas/gagasan baru
    7. Mengisi waktu luang
    8. Melatih kemandirian
  2. Manfaat Bisnis
    1. Memperoleh penghargaan atau pengakuan
    2. Dengan adanya suatu bisnis yang berhasil dan tumbuh serta berkembang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat yang akan memberikan pengakuan positif dari masyakat itu sendiri
    3. Menjadi Bos bagi diri sendiri
    4. Besar kecilnya bisnis yang dijalankan ditentukan oleh kemampuan diri sendiri, dengan kata lainmenjadi bos yang akan menjadi seorang penentu dan pemimpin dari bisnis.
    5. Menggaji diri sendiri
    6. Dengan usaha yang dilakukan sendiri maka besar kecilnya gaji atau pendapatan dapat ditentukan sendiri
    7. Atur waktu diri sendiri
    8. Usaha yang dijalankan sendiri akan membutuhkan waktu sesuai dengan kemampuan dan kesempatan diri sendiri
    9. Masa depan lebih cerah
    10. Dengan pengelolaan usaha secara mandiri, maka dapat dikatakan masa depan diri kita ditentukan oleh usaha yang kita lakukan.

  3. Karakteristik Bisnis
    1. Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
    2. Sebuah usaha atau bisnis merupakan lembaga, instansi atau organisasi social dan ekonomi berarti bahwa bisnis itu lakukan oleh jenis organisasi baik yang berbentuk badan hukum maupun berbentuk bukan berbadan hukum. Didalam organisasi tersebut memeiliki aturan dan ketentuan yang berlaku sesuai demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan.
    3. Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
    4. Pada prinsipnya bisnis itu menjual barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.
    5. Mencari laba, profit atau keuntungan.
    6. Mencari laba, profit, atau keuntungan merupakan tujuan bisnis yang sebenarnya.
    7. Menetukan harga yang sesuai.
    8. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.
  4. Pihak- Pihak Yang Berkepentingan Dalam Bisnis
    1. Pemilik atau owner
    2. Kreditor, pihak yang memberikan pinjaman pendanaan kepada entitas bisnis anda.
    3. Karyawan atau employee, baik itu karyawan operasional maupun karyawan manajerial guna membantu mencapai tujuan yang ditetapkan entitas bisnis anda.
    4. Pelanggan, merupakan nyawa dari adanya kegiatan berbisnis. Loyalitas dari pelanggan akan menjaga kelangsungan bisnis perusahaan. Maka dari itu, untuk tetap menarik minat pelanggan atau konsumen, maka pelaku bisnis harus terus meningkatkan kualitas dan keterjangkauan harga dari produk yang dijualnya.

Komentar