Langsung ke konten utama
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen atau yang sering dikenal dengan SIM secara etimologi berasal dari bahasa Inggris yakni management information system yang berarti sekelompok atau sekumpulan proses dimana data dapat diolah, dianalisis dan ditampilkan supaya data tersebut menjadi berguna untuk menunjang dan mengendalikan operasi perusahaan.
Pengertian SIM menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sistem yang memproses data dan menyiapkan informasi yang diperlukan. Sistem informasi manajemen berasal dari kata sistem yang merupakan kumpulan atau rangkaian dari unit-unit atau elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam harian online jurnalmanajemen.com tanggal 14 agustus 2021
yang lalu menyebutkan pengertian sistem informasi manajemen berasal
dari tiga kata yang berbeda yaitu sistem, informasi dan manajemen.
- Sistem adalah kumpulan unsur yang berupa aktivitas/proses/elemen
yang terintegrasi dan saling bekerjasama.
- Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang terorganisir dan
diolah melalui metode tertentu hingga memiliki makna bagi si
penerima.
- Manajemen menurut Mary Parker merupakan seni dalam
menjalankan tugas melalui orang lain (the art of getting things done
through people).
Dari ketiga pendapat tentang pengertian sistem informasi manajemen
maka secara umum dapat disimpulkan pengertian sistem informasi
manajemen adalah kumpulan atau gabungan beberapa sistem yang
digunakan oleh organisasi/perusahaan dalam operasionalnya yang
berhubungan dengan fungsi manajemen.
- Fungsi utama sistem informasi manajemen
- Memudahkan bagi pihak manajemen menjalankan fungsinya mulai
dari perencanaan, pengawasan, pengarahan, serta pendelegasian
tugas pada seluruh unit/bagian yang ada dalam struktur organisasi.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi akan data yang tersedia secara akurat dan realtime.
- Meningkatkan produktifitas dan menghemat anggaran organisasi.
- Mengembangkan mutu dan kualitas SDM yang disebabkan adaanya
koordinasi unit kerja yang sistematis.
- Beberapa manfaat yang terlihat pada penggunaan sistem informasi manajemen adalah
- Menyediakan informasi yang digunakan dalam proses perhitungan keuangan dari hasil usaha secara otomatis.
- Menyediakan informasi dalam rangka pengambilan keputusan
penting.
- Menyediakan informasi yang digunakan dalam merumuskan
perencanaan, pengentalian evaluasi untuk melakukan perbaikan.
Agar dalam penggunaan informasi dapat akurat untuk pengambilan
keputusan/kebijakan, maka informasi tersebut harus memiliki standar
kualitas dan siap digunakan sesuai peruntukannya. Ciri-ciri informasi
yang berkualitas adalah.
- Akurat
Data yang diterima dan diolah harus data yang akurat artinya
sumber, data dapat dipertanggungjawabkan dan prosesnya
menggunakan sistem yang sesuai prosedur sehingga informasi yang
dihasilkan menjadi akurat.
- Relevan.
Relevan berarti informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan
dan masalah yang dihadapi.
- Tepat waktu
Ketersediaan informasi terkini menjadi prioritas utama agar kualitas
terjaga. Informasi harus terupdate sesuai dengan perubahan yang
terjadi.
- Lengkap
Informaasi dapat disebut lengkap apabila mampu menjawab
pertanyaan/kebutuhan pengguna.
Komentar
Posting Komentar