Pengertian Sistem Informasi Manajemen

      Sistem informasi manajemen atau yang sering dikenal dengan SIM secara etimologi berasal dari bahasa Inggris yakni management information system yang berarti sekelompok atau sekumpulan proses dimana data dapat diolah, dianalisis dan ditampilkan supaya data tersebut menjadi berguna untuk menunjang dan mengendalikan operasi perusahaan.
      Pengertian SIM menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sistem yang memproses data dan menyiapkan informasi yang diperlukan. Sistem informasi manajemen berasal dari kata sistem yang merupakan kumpulan atau rangkaian dari unit-unit atau elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
    Dalam harian online jurnalmanajemen.com tanggal 14 agustus 2021 yang lalu menyebutkan pengertian sistem informasi manajemen berasal dari tiga kata yang berbeda yaitu sistem, informasi dan manajemen.
    1. Sistem adalah kumpulan unsur yang berupa aktivitas/proses/elemen yang terintegrasi dan saling bekerjasama.
    2. Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang terorganisir dan diolah melalui metode tertentu hingga memiliki makna bagi si penerima.
    3. Manajemen menurut Mary Parker merupakan seni dalam menjalankan tugas melalui orang lain (the art of getting things done through people).
    Dari ketiga pendapat tentang pengertian sistem informasi manajemen maka secara umum dapat disimpulkan pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan atau gabungan beberapa sistem yang digunakan oleh organisasi/perusahaan dalam operasionalnya yang berhubungan dengan fungsi manajemen.
  1. Fungsi utama sistem informasi manajemen
    1. Memudahkan bagi pihak manajemen menjalankan fungsinya mulai dari perencanaan, pengawasan, pengarahan, serta pendelegasian tugas pada seluruh unit/bagian yang ada dalam struktur organisasi.
    2. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi akan data yang tersedia secara akurat dan realtime.
    3. Meningkatkan produktifitas dan menghemat anggaran organisasi.
    4. Mengembangkan mutu dan kualitas SDM yang disebabkan adaanya koordinasi unit kerja yang sistematis.
  2. Beberapa manfaat yang terlihat pada penggunaan sistem informasi manajemen adalah
    1. Menyediakan informasi yang digunakan dalam proses perhitungan keuangan dari hasil usaha secara otomatis.
    2. Menyediakan informasi dalam rangka pengambilan keputusan penting.
    3. Menyediakan informasi yang digunakan dalam merumuskan perencanaan, pengentalian evaluasi untuk melakukan perbaikan.
  3.   Agar dalam penggunaan informasi dapat akurat untuk pengambilan keputusan/kebijakan, maka informasi tersebut harus memiliki standar kualitas dan siap digunakan sesuai peruntukannya. Ciri-ciri informasi yang berkualitas adalah.
    1. Akurat
        Data yang diterima dan diolah harus data yang akurat artinya sumber, data dapat dipertanggungjawabkan dan prosesnya menggunakan sistem yang sesuai prosedur sehingga informasi yang dihasilkan menjadi akurat.
    2. Relevan.
        Relevan berarti informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi.
    3. Tepat waktu
    4.   Ketersediaan informasi terkini menjadi prioritas utama agar kualitas terjaga. Informasi harus terupdate sesuai dengan perubahan yang terjadi.
    5. Lengkap
    6.   Informaasi dapat disebut lengkap apabila mampu menjawab pertanyaan/kebutuhan pengguna.

Komentar