Tujuan dan Manfaat Logistik

  1. Tujuan Logistik
      Tujuan utama dari manajemen layanan logistik pada prinsipnya fokus pada pencapaian tujuan organisasi agar dapat lebih efisien dan efektif. Namun apabila dilihat dari aktivitasnya maka tujuan dari layanan bisnis logistik adalah :
    1. Persediaan barang dilaksanakan dengan kuantitas dan kualitas yang benar.
    2. Menekan pengeluaran dana untuk pengadaan karena fungsi pemeliharaan dan penyimpanan dilakukan dengan baikerbagai aplikasi di PC/smartphone yang terhubung melalui internet.
    3. Mendukung setiap fungsi manajemen dalam mewujudkan efisiensi dan efektifitas untuk mencapai tujuan perusahaan.
  2. Manfaat Logistik
     Penerapan manajemen logistik yang baik akan memberi manfaat yang cukup banyak. Manfaat yang dapat dirasakan adalah:
    1. Persediaan. Dari segi persediaan barang, manfaat manajemen logistik dapat dirasakan adanya ketersediaan barang yang mencukupi atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bahkan jarang terjadiketerlambatan barang sehingga setiap kegiatan akan terakomodir semuanya.
    2. Transportasi.Adanya ketersediaan barang yang cukup akan berdampak pada proses penyaluran atau pendistribusian melalui transportasi yang mudah ditentukan. Baik dalam pemilihan jenis alat transportasi dan waktu pengiriman dalam penyaluran barang.
    3. Fasilitas. Manfaat yang dirasakan dari segi fasilitas adalah memudahkan bagian pengadaan dalam memilih fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas logistiknya.
    4. Layanan. Adanya manajemen yang baik akan memudahkan perusahaan memberikan pelayanan kepada pelanggannya tidak terkecuali untuk pemasok atau supplier.
    5. Manajemen dan Administrasi. Setiap kegiatan manajemen pastinya akan selalu didukung dengan aktivitas administrasi agar setiap kegiatan bisa dipastikan tercatat secara baik dan teratur, sehingga seluruh informasi kegiatan logistik bisa ditemukan secara mudah jika nantinya dibutuhkan.
    6. Inbound Transportasi. Manfaat manajemen logistik pada inbound transaksi dilakukan untuk menangani distribusi barang dan bahan baku dari pihak pemasok ke perusahaan. Perusahaan akan berpotensi mendapatkan kerjasama yang baik dengan pihak pemasok yang mempunyai kualitas bahan baku dan kualitas terbaik dengan menerapkan manajemen persediaan yang baik.
    7. Outbound Transportasi. Aktivitas manajemen logistik akan menangani distribusi yang baik dari pihak perusahaan ke pihak konsumen dan mampu memastikan pengantaran barang bisa dilakukan dengan baik.
    8. Pemecahan Masalah. Setiap proses penyediaan barang pasti akan ada saja masalah yang bisa terjadi. Dengan menerapkan manajemen logistik, maka setiap permasalahan tersebut bisa diatasi dan juga diantisipasi dengan cepat, tepat, dan akurat.
    9. Informasi Kepada Konsumen. Biasanya, setiap konsumen ada saja yang melakukan tracking pada pengiriman barang yang dipesannya.Dengan hadirnya manajemen logistik yang baik, maka penyampaian informasi tentang distribusi suatu barang akan bisa dilakukan secara lebih rapi.
    10. Kepercayaan dari Konsumen. Tingkat kepercayaan konsumen yang lebih besar kepada perusahaan akan hadir jika ada pelayanan terbaik, baik itu dalam hal penyampaian informasi, ketepatan waktu, serta pelayanan yang baik. Hal tersebut akan berujung pada timbulnya loyalitas konsumen pada suatu brand.

Komentar