KONSEP KANTOR MODERN

      Penggunaan teknologi secara otomatis sudah banyak dilakukan dalam pelaksanaan kantor, dengan demikian tenaga kerja untuk pelayanan kantor juga banyak berkurang karena tergantikan dengan mesin dan aplikasi. Namun keberadaan kantor dalam era digitalisasi masih tetap dibutuhkan, setiap kegiatan/layanan bisnis yang dilakukan akan tetap membutuhkan prosedurdan sistem yang baik, baik dalam bentuk otomatisasi ataupun sudah dalam bentuk teknologi.
    l  Kantor terletak di suatu tempat tersendiri dan terpisah dengan rumah karyawan, agar lebih fokus melaksanakan tugas dan tidak terganggu oleh urusan rumah sehingga menghasilkan produk yang lebih baik dan berkualitas, tanpa harus menghadapi berbagai macamn distraksi.
    Mengapa kantor itu penting?
    1. Membantu mengenalkan/mempromosikan jenis usaha/layanan bisnis.
    2. Memberi fasilitas penyimpanan dokumen dan laporan yang dibutuhkan untuk mengambil kebijakan manajemen.
    3. Membantu pemilik usaha dalam menjalankan fungsinya sebagai manajemen usaha
    4. Fasilitas dikantor lebih lengkap
    5. Menyatukan berbagai macam karakter karyawan kantor
    6. Rumah kedua bagi karyawan
    Berikut fungsi kantor yang diaplikasikan kedalam kegiatan layanan bisnis:
    1. Merancang Sistem & Prosedur Kantor
    2.  Sistem dan prosedur diwujudkan dalam bentuk petunjuk dan proses transaksi yang dapat dipelajari dan dilakukan oleh pelanggan dan kolega. Sedangkan prosedur dalam hal ini berupa serangkaian langkah kerja untuk mewujudkan layanan pelanggan dapat terpenuhi dan dipuaskan
    3. Mengendalikan Formulir Kantor
    4.  Formulir merupakan catatan standar yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi untuk tujuan referensi, sebuah formulir harus dirancang dengan baik atas dasar kebutuhan organisasi. Data yang telah diperoleh akan didistribusikan pada pihak/unit yang membutuhkan.
    5. Mengendalikan Karyawan Kantor
    6.  Efisiensi kantor sangat tergantung oleh karyawan, oleh karena itu kantor membutuhkan karyawan yang terpilih dan kompeten dibidangnya sehingga penting mengadakan evaluasi terhadap kinerja karyawan setiap saat.
    7. Menjamin Ketersediaan & Keamanan Aset kantor
    8.  Munculnya kantor virtual memberikan peluang dalam melakukan pengadaan peralatan, perabot dan fasilitas kantor lainnya, sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.
    9. Melaksanakan Hubungan Masyarakat
    10.  Public Relation dalam kehidupan kantor modern diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai opini publik, mengomunikasikan kebijakan, tujuan & sasaran organisasi serta mengantisipasi reaksi publik terkait tindakan organisasi.

Komentar